Thursday, February 24, 2011

nge-radio via Winamp

cerita-cerita lagi ahh…

Akhir2 ini salah satu kegiatan yang menjadi teman ketika mengerjakan TA adalah dengerin radio streaming.  Ini adalah cara cerdas memanfaatkan internet dikosan yang kadang Bandwidthnya sisa2… jiahahaha…  Awal-awalnya saya biasa streaming dari genFM. tapi karena bosen sama lagunya yang ga ganti2 jadi saya nyari alternatif yang lain.  Pas googling2 nyari2 situs radio streaming, saya nguprek2 juga winamp.  Pasti taulah sama aplikasi yang atu ini, Winamp adalah aplikasi pemutar lagu (buat yang ga tau Smile with tongue out).  Nah di Winamp itu ternyata ada sebuah fasilitas buat streaming radio. bego banget ternyata saya. :hammer

Buat yang belom tau caranya cekidot :

1. Buka winamp Anda, kalo yang ga punya silakan donlot di sini. Lalu instal. Oiya winamp yang saya pakai winamp seri v5.601.

2. Cari tab Media Library.

media library

3. Lalu klik menu online service terus klik SHOUTcast Radio.

online service

4.  Kalo internet Anda nyambung maka akan langsung muncul list radio streaming dari seluruh penjuru dunia.

list radio

5.  Buat mulai ngedengerin klik tune in pada list radio yang akan kita pilih.

play now radio 

6.  Kalo udah tunggu winamp buat buffer (kalo radio luar mungkin agak2 lama buffernya).  Terus kita bisa juga searching radio2 mana aja pake fasilitas search di atas list radionya.

7.  Sebagai catatan, radio streaming bakalan lancar kalo bandwidth Anda bisa stabil.  Jadi jangan donlot ato browsing yang munculin gambar banyak2 biar streamingnya lancar.  Tapi menurut saya over all, streaming radio di winamp ini lebih stabil jika dibandingkan sama streaming langsung dari web-nya. 

Oiya sebenarnya banyak cara buat denger radio streaming.  Ini cuma salah satu cara aja.  Jadi maaf2 aja kalo info ini agak ketinggalan jaman ato gimana.  Saya cuma ngasih info buat yang belom pernah make fasilitas ini. 

FYI, Kalo mau sambil streaming tivi bisa juga pake Readon TV streaming (ini link donlotnya “dari kaskus”).  Selamat mencoba…

 

n.b : ngepost diblog ternyata lebih mudah dan menyenangkan daripada bikin TA. Smile with tongue out

No comments:

Post a Comment