Saturday, February 27, 2010

Solving Rubik's 3x3x3 (for begginer)

Beberapa waktu yang lalu waktu pertama kali memainkan rubiks, rasanya susah mencari tutorial solving rubiks  berbahasa Indonesia yang lumayan bagus terjemahannya di internet. So..untuk membantu teman-teman semua yang mungkin kemaren masih susah mencari tutorial, ku buat tutorial solving rubiks ini, dengan cara nyomot dari sana-sini.  Jadi maap-maap ni kalo agak-agak berbau repost, soalnya aku juga nerjemahin dari beberapa situs rubik solving seperti rubikssolvercubingsolutions dan lain sebagainya.

Oke sung aja... rubiks yang akan aku jelasin tutorialnya adalah rubiks ukuran 3x3x3, yang merupakan sebuah kubus yang tentunya memiliki 6 sisi warna, yaitu merah,biru,orange,hijau,kuning dan putih . Perlu diketahui juga dalam rubiks terdapat istilah center, edge, dan corner Center merupakan bagian dari rubiks yang terletak di tengah-tengah sisi rubiks dan berjumlah 6 buah, sesuai dengan jumlah sisinya. Edge merupakan bagian rubiks yang memiliki 2 sisi warna, terletak di tengah-tengah rusuk kubus dan berjumlah 12 buah. Sedangkan Corner merupakan bagian kubus yang memiliki 3 sisi warna sekaligus, terletak pada titik sudut kubus dan berjumlah 8 buah.

 Nah perlu diketahui juga dalam rubiks solving terdapat istilah-istilah seperti :
  • Front (F) : Putar sisi bagian depan (bagian yang menghadap muka kita) searah jarum jam.
  • Back (B) : Putar sisi bagian belakang searah jarum jam.
  • Left (L) : Putar sisi bagian kiri searah jarum jam.
  • Right (R) : Putar sisi bagian kanan searah jarum jam.
  • Up (U) : Putar sisi bagian atas searah jarum jam.
  • Down (D) : Putar sisi bagian bawah searah jarum jam.
Terkadang ada istilah-istilah :
  • F', B', L', R', U', D' : Putar sisi seperti pada penjelasan di atas namun berlawanan dengan jarum jam.
  • 2F, 2B, 2L, 2R, 2U,2D : Putar sisi seperti penjelasan di atas 2 kali dengan arah terserah kita.
Yups langsung aja mulai penyusunan dari sebuah scramble rubiks (rubiks yang teracak) .

1.  Membuat Cross pertama
Mungkin ini bagian lumayan sulit karena kita harus menyelesaikan cross di sisi atas, dan tentu saja terdapat banyak kemungkinan yang ada.  Misalnya saja kita mau buat warna putih di atas, maka yang perlu diperhatikan adalah membuat warna yang sama sisi di sampingnya yaitu warna merah, biru, orange dan hijau.  Yang perlu diingat adalah :
Bagian center pada rubiks tidak akan berpindah, jadi yang akan menjadi patokan warna adalah warna dari centernya.

Untuk lebih mudahnya lihat gambar di bawah ini :

Friday, February 26, 2010

my new hobby : R-U-B-I-K-S

2 bulan sudah aku mengutak-atik kotak pintar ini. Kotak berwarna-warni yang membutuhkan suatu algoritma untuk menyusunnya kembali, menjadi suatu kubus yang indah, dengan warna yang sama di tiap sisinya. Kotak pintar ini bernama Magic Cube atau lebih dikenal dengan istilah Rubik's Cube.

Sebenarnya nama Rubik's Cube diambil dari nama penemunya yaitu Erno Rubik, profesor dari Hungaria. Rubik dirancang olehnya pada tahun 1974, dan pada zaman itu lebih dikenal dengan istilah "magic Cube". Magic Cube kemudian dilisensikan oleh Rubik untuk dijual oleh Ideal Toys tahun 1980 dan memenangkan penghargaan khusus Teka-teki Terbaik tahun itu di Jerman. Bahkan sempat dikatakan bahwa pada masa tersebut rata-rata setiap rumah di Amerika Serikat mempunyai sedikitnya satu buah permainan puzzle ini. Sampai detik ini diperkirakan telah lebih dari 1 milyar rubik's cube terjual di seluruh dunia. 

Berbagai macam bentuk rubik yang tersedia di pasaran saat ini sangatlah banyak , mulai dari rubiks 2x2x2, 3x3x3, sampai rubiks dengan bentuk yang aneh-aneh seperti pillow cube atau mirror cube.


Sekarang permainan ini sudah dianggap sebagai olahraga dimana sinkronisasi antara mata, otak dan tangan  yang sangat sulit ditambah dengan tekanan untuk menyelesaikkannnya secepat mungkin. Istilah resmi untuk olahraga baru ini adalah “SPEEDCUBING”.

Memang tidak mudah untuk menguasai teknik-teknik dalam rubiks, terutama bagi yang masih pemula. Tetapi dengan latihan rutin, menyelesaikkan rubiks cube bukanlah sebuah hal yang sulit, justru ketika kita sudah mahir, kita akan terus merasa tertantang untuk bisa menyelesaikannya lebih cepat lagi dan lagi.

^^

tips DVD ROM macet

Setelah menilik dan menimbang serta melihat parameter-parameter lain yang berpengaruh..Sepertinya aku perlu mindahin post ini dari blog ku yang lain. hehehe...
Sebenernya ini bukan masalah yang terlalu serius ato mungkin terlalu bodoh buat Anda yang jago komputer, sasaranku sebenarnya buat Anda yang benar2 mengalami masalah ini dan belum pernah tahu solusi akan hal ini sebelumnya.

Pernah ngalamin DVD ROM ato DVD Rw macet?? Ga bisa dibuka??
Udah dipencet berkali-kali tapi masih stuck? Jangan keburu dijual kawan, ada solusi yang tepat dan entah kenapa aku juga baru tahu beberapa hari yang lalu. hahaha...
Untuk membukanya ternyata sangat mudah. Cukup pake peniti atau jarum biar bisa ngebuka tuh DVD ROM ato DVD Rw.
 
Eits sebelumnya udah tau kan yang namanya DVD ROM ato DVD Rw.. hahaha.. ini nih gambarnya..





Nah kalo yang namanya peniti tuh yang disamping ini..  ;p



 

Nah kalo misalnya macet ada cara yang bagus nih.. pertama cari lobang kecil yang ada pada DVD ROM ato DVD Rw. Biasanya lubangnya kecil dan deket ma pintu DVD ROM ato DVD Rwnya. Ini nih gambarnya..


Nah kalo udah ketemu tu lobang. Masukin peniti ke dalam lubang terus agak diungkit ke atas, sembari di pencet2 tombol opennya. Simsalabim abrakadabra... kebuka deh tuh DVD ROM ato DVD Rw. Tanpa perlu dipukul2, tanpa perlu di tepok2 pintunya...

Yups...semoga bisa menjadi tips yang membantu Anda.