Thursday, December 9, 2010

Writer Made Mightier

image

Itu merupakan tag-line yang ada pada web resminya  Windows Live Writer 2011.  Yups baru saja saya menginstal salah satu jenis offline blog editor terbaru keluaran dari Windows.  Aplikasi ini tersedia gratis di link web di atas.  Nah sebagai pemula juga di aplikasi ini, saya cuma sedikit mereview dari apa yang saya liat pada tampilan pertama aplikasi ini.  Maaf kalo sedikit ndeso, karena emang baru pertama kali nyoba editor yang offline seperti ini.

  1. Konfigurasi awal software ini dengan blog yang akan kita kelola lumayan memakan waktu beberapa menit.  Ini tergantung pada kecepatan koneksi internet kita.  Konfigurasi ini dimulai dengan memasukkan url dari blog kita dan juga account sekaligus password untuk mengakses ke blog tersebut.  Selanjutnya aplikasi akan mendownload konten2 yang ada di blog kita.  Mulai dari themenya, setting-settingnya, gadget2nya ataupun juga tampilan secara keseluruhan.
  2. Bisa memanage lebih dari satu account blog. Jadi kita tidak perlu ribet membuka banyak tab pada browser untuk mengedit banyak blog kepunyaan kita.  Selain itu juga terdapat fitur membuat account blog baru langsung dengan menggunakan software ini.
  3. Untuk interfacenya, windows live writer 2011, mirip dengan microsoft office.  Jadi akan sangat mudah jika kita sudah terbiasa dengan office.
  4. Windows Live Writer 2011 sangat membantu, ketika kita akan melakukan upload gambar, video ataupun konten-konten lain.  Terdapat fitur crop, memiringkan gambar dan juga terdapat fitur picture effect yang bisa membuat tampilan gambar bervariatif.
  5. Preview dari blog kita dapat langsung dilihat karena pada bagian bawah interface utama software ini, terdapat 3 pilihan tampilan editor yaitu Edit (editing biasa), Preview (tampilan aslinya di blog) dan Source (edit HTML).
  6. Karena bersifat offline jadi posting dapat kita simpan di local draft tanpa perlu menguploadnya langsung ke blog kita.  Jadi ga perlu lagi pake acara ketik di notepad dulu baru dicopas ke editor blog kita.
  7. Menurut informasi yang saya dapat Windows Live Writer 2010 sudah kompatibel dengan CMS Weblog Windows Live Spaces, SharePoint Blog, Blogger, LiveJournal, TypePad, WordPress, Telligent community, JournalHome, MetaWeblog API, Movable Type API, Blogengine dan contoh2 lainnya.
  8. Overall software ini benar-benar membantu dalam mengelola postingan yang ada pada blog kita.  Tampilannya yang WYSIWYG membuat kita semakin mudah melihat hasil tampilan postingan ke blog kita.  Buat yang sering blooging pasti merasa terbantu dengan Windows Live Writter 2011 ini. Open-mouthed smile

Sedikit preview dari tampilan Windows Live Writter :

image

                      image

No comments:

Post a Comment