Wednesday, November 17, 2010

"berbicara" itu bukan tidak gampang

TA ato Tamu Agung a.k.a Tugas AKHIR selalu menjadi kendala buat lulus dari kampus tercinta saya ini.  Berpikir untuk 'lolos' dan bukan lulus dengan nilai maksimal kadang menjadi opsi terakhir karena udah terlalu terbebani dengan beratnya tekanan Tugas Akhir.  Salah satunya saya, masih dalam posisi "pra-seminar", kegalauan hati saya menunggu jadwal seminar membuat saya berpikir macam2.  Ketrima ga ya??, seminarnya bijimana??, gimana nguatin argumen saya di depan dosen penguji??, dan bla.. blaa... bla... Dooohh.. beratnya tekanan TA ini, membuat saya selalu berpikir negatif.   

Itung-itung refreshing, kemaren saya jalan2 ke CDC di kampus tercinta.  CDC itu kepanjangan dari Career And Development Center, sebuah tempat dewa buat alumni yang mau nyari kerja.  lha emang saya nyari kerja?? tentu saja tidak, cuma jalan2 aja, sapa tau nemu part time lagi kaya kemaren. hahaha...  Tak sengaja saya ambil sebuah brosur biru di dekat pintu masuk, brosur biru itu berjudul "SPEAK UP YOUR MIND".  Saya bacalah dikit2 itu brosur.  Eits... bagus ternyata.  Isinya lumayan dan penjelasannya sangat simpel. Ga berbelit-belit kaya buku motivasi yang sebelumnya saya baca..hahaha.. Nah sekedar sharing aja, isinya mau saya 'repost' diblog ini plus saya tambah2in buat yang versi 'prof.' Andre. wkwkwkwk...  Sapa tau bisa bantu dikit-dikit. :D 
Oke.. kita mulai 'repostnya' dari yang pertama:

1.  Mulailah berbicara di kelompok yang lebih kecil
berbicara memang ga gampang tapi harus kita mulai.  Mulailah sharing2 ama temen2 deket kita.  Ngumpul bareng2 terus kita ngobrol.  Di brosur ini ditulis "ikut kepanitiaan". Memang bagus sih, tapi buat kita yang udah angkatan atas, kepanitiaan udah terdengar basi, apalagi bagi kita terutama saya yang ga suka kepanitiaan, bakalan males kalo harus ikut-ikutan hal seperti ini.  Maklum, bukan jiwa seorang yang gampang disuruh2... wkwkwkwk... 
2.  Jadilah pendengar yang aktif
Nah pas kita ngumpul2 ama temen2 deket di atas, berusahalah menjadi pendengar yang baik.  Jangan hanya mau ngomong mulu, tapi usahakan buat fokus ama apa yang temen kita lagi bicarakan.  Jangan mata doang yang ngeliat tapi pikiran melayang kemana-mana, apalagi berfantasi yang tidak-tidak.. Upsss.. bukan saya lho.. :D
Kalo kata brosur ini, dengan kita menyimak dan tau materi yang disampaikan maka interaksi antara kita dengan lawan bicara kita akan lebih bagus, dan pertanyaan dari mulut kita akan mengalir begitu saja.  
3.  Berani bicara kapan dan dimana saja
Yang dapat saya ambil dari brosur ini, pokoknya muka tebal aja.  Baik itu di kuliah, organisasi, kelompok belajar ato tempat magang sekalipun.  Ada yang ngajak diskusi ladenin aja, walopun diejek ato diketawain, hajar terus blehh... 
4.  Perbanyak membaca
Ini nih yang penting.  Gimana caranya kita bisa ngomong kalo otak kita kosong??? 
5.  Latihlah kempampuan menulis
Kalo masi takut-takut mau nulis TA-nya gimana, nulis aja dulu di blog pribadi.  Contohlah saya... hahahahaha... Menurut saya nulis di blog itu nyantai.  Apa yang ada dipikiran kita, keluarin bae.  Ga usah malu-malu, yang penting jangan malu-maluin. wkwkwk...
6.  Jangan menyerah, perbanyak latihan
Masih inget lagu D'Nasib yang berjudul "jangan menyerah"??? Nah nyanyi lagu itu aja, kalo kita dapet kritik dari  dosen ato temen pas lagi diskusi. hahahaha... ga ding.. Intinya jangan menyerah aja ketika dapet kritikan, anggap itu sebagai cambuk kecil yang membuat kita untuk terus maju dan berusaha berlatih mengasah skill 'berbicara' kita.
7.  Sabar dan berkomitmen untuk terus berlatih
Ini juga penting banget.  Belajar buat komit ama latihan berbicara.  Jangan sekarang latihan, 2 hari kemudian lupa lagi, terus baru inget lagi pas udah 1 semester. hahahaha.. keburu lulus bung... :D
8.  Berpikir positif dan PD
Berpikir positif aja kalo kita belajar ngomong di depan umum. Jangan hanya dengan kritikan ato ejekan membuat mental kita down, apalagi mpe bunuh diri segala. hahahaha.. Berpikrilah bahwa kita ga sendirian berlajar "berbicara" ini.  Masih banyak temen2 di luar sana yang juga masih belajar "berbicara".  PD juga harus dipupuk sejak dini, mulailah narsis di facebook, twiter, blog, ato di tempat-tempat lain.  hahaha... Lumayanlah nambah PD dikit2.. :D

Nahh.. itu sedikit yang saya bisa bagikan.  Kata2 mutiara 'tidak ada kata terlambat untuk belajar', selalu saya pegang.  Jadi selamat belajar berbicara teman... saya berlajar di sini, anda belajar di sana.. :D

2 comments:

  1. enak banget lihat blogmu bos..,
    rapih gitu...,

    wah,
    perlu banyak belajar aku nih,,,

    mantap-mantap

    ^_^b
    like this...

    ReplyDelete
  2. makasih2...
    masi belajar juga kok ini... :)

    ReplyDelete