Tuesday, March 9, 2010

Kualitas Film Donlotan

Bagi yang udah sering download donlot film pasti lumayan kenal ama kualitas film donlotan seperti DVDRip, DVDScr, CAMRip dan lain sebagainya.  Berikut ini aku jelasin beberapa kualitas film yang umum diperbincangkan di dunia perdonlotan :

  • CAMRip : kualitas videonya sangatlah buruk karena merupakan hasil rekaman langsung dari bioskop dengan menggunakan camera digital.  Terkadang muncul siluet-siluet manusia karena pengambilan gambar yang kurang bagus.  
  • Telesync (TS) : kualitas videonya hampir sama dengan jenis CAMRip, hanya saja pada TS gambar dan suaranya sedikit lebih baik karena sudah lumayan diperbaiki.
  • R5 : kualitas videonya sangat jauh jika dibandingkan dengan CAMRip.  Jenis ini hampir setara dengan DVDRip, hanya saja pada R5 kualitas suaranya masih buruk.  Kadang terdengar suara-suara gangguan yang mengganggu suara asli.
  • DVDScr : kualitas video bisa dikatakan sebagai duplikat dari DVDRip.  Bedanya hanya pada videonya terkadang ada tulisan-tulisan yang muncul di layar yang menjelaskan tentang video tersebut.  Film dengan kualitas ini akan muncul sebelum DVD originalnya beredar.
  • DVDRip : kualitas gambar dan suara dari film dengan jenis ini sangat baik sekali.  DVDRip merupakan duplikat dari DVD original yang sudah dipasarkan dan bisa mencapai resolusi 720x480.
  • BluRay / HD : kualitas yang jauh lebih baik dari DVDRip.  Karena kualitasnya yang sangat bagus yaitu bisa mencapai resolusi 1920 x 1080 menyebabkan ukuran filenya menjadi sangat besar.  Dan terkadang membutuhkan spek komputer yang lumayan tinggi untuk menjalankannya.
  • Workprint : kualitas film yang belum diedit secara keseluruhan.  Sehingga terkadang terdapat suara-suara yang tidak sesuai dengan adegannya atau terkadang ada adegan-adegan yang hilang.
Kualitas-kualitas film di atas bisa dibilang familiar di telinga tukang-tukang donlot, terkadang ada kualitas-kualitas lain seperti VCD , namun kualitasnya bisa dibilang hampir sama dengan CAMRip.

Saranku, sebelum men-donlot lebih baik tanyakan dulu ke uploadernya jenis kualitas filmnya, jangan sampai Anda tersesat dengan men-donlot film dengan kualitas buruk.  Selain itu pastikan kualitas film dengan besar ukuran file, terkadang film-film dengan kualitas DVDRip berukuran minimal 700 MB, dan jika ada yang berukuran kurang dari itu pastikan kualitas gambar dan suaranya terlebih dahulu.

selamat men-donlot... ^^

No comments:

Post a Comment