Friday, February 26, 2010

my new hobby : R-U-B-I-K-S

2 bulan sudah aku mengutak-atik kotak pintar ini. Kotak berwarna-warni yang membutuhkan suatu algoritma untuk menyusunnya kembali, menjadi suatu kubus yang indah, dengan warna yang sama di tiap sisinya. Kotak pintar ini bernama Magic Cube atau lebih dikenal dengan istilah Rubik's Cube.

Sebenarnya nama Rubik's Cube diambil dari nama penemunya yaitu Erno Rubik, profesor dari Hungaria. Rubik dirancang olehnya pada tahun 1974, dan pada zaman itu lebih dikenal dengan istilah "magic Cube". Magic Cube kemudian dilisensikan oleh Rubik untuk dijual oleh Ideal Toys tahun 1980 dan memenangkan penghargaan khusus Teka-teki Terbaik tahun itu di Jerman. Bahkan sempat dikatakan bahwa pada masa tersebut rata-rata setiap rumah di Amerika Serikat mempunyai sedikitnya satu buah permainan puzzle ini. Sampai detik ini diperkirakan telah lebih dari 1 milyar rubik's cube terjual di seluruh dunia. 

Berbagai macam bentuk rubik yang tersedia di pasaran saat ini sangatlah banyak , mulai dari rubiks 2x2x2, 3x3x3, sampai rubiks dengan bentuk yang aneh-aneh seperti pillow cube atau mirror cube.


Sekarang permainan ini sudah dianggap sebagai olahraga dimana sinkronisasi antara mata, otak dan tangan  yang sangat sulit ditambah dengan tekanan untuk menyelesaikkannnya secepat mungkin. Istilah resmi untuk olahraga baru ini adalah “SPEEDCUBING”.

Memang tidak mudah untuk menguasai teknik-teknik dalam rubiks, terutama bagi yang masih pemula. Tetapi dengan latihan rutin, menyelesaikkan rubiks cube bukanlah sebuah hal yang sulit, justru ketika kita sudah mahir, kita akan terus merasa tertantang untuk bisa menyelesaikannya lebih cepat lagi dan lagi.

^^

3 comments:

  1. buat kamu kamu yang mau tau trik trik dan teknik memperbaiki handphone dan komputer, coba buka ;

    http://wahyupratomo.com

    ;oia,,saya lagi ada tugas IR niih,,numpang iklan blog yaa,,alamatnya:
    http://mahasiswaceria.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. oi,,kalo mau beli rubic cube nya, dimana yaa..? bisa pesan disini ngak yaa..?kalo bisa ada list harganya...n_n

    ReplyDelete
  3. oke2...
    kalo mau liat list harga rubik di kaskus aja...
    banyak kok pilihannya,,
    yang di Bandung juga ada.

    ReplyDelete