Saturday, December 25, 2010

25 Desember 2010

SELAMAT NATAL SEMUA... 
sebuah kebahagiaan ketika natal itu tiba.  :D

Thursday, December 9, 2010

Writer Made Mightier

image

Itu merupakan tag-line yang ada pada web resminya  Windows Live Writer 2011.  Yups baru saja saya menginstal salah satu jenis offline blog editor terbaru keluaran dari Windows.  Aplikasi ini tersedia gratis di link web di atas.  Nah sebagai pemula juga di aplikasi ini, saya cuma sedikit mereview dari apa yang saya liat pada tampilan pertama aplikasi ini.  Maaf kalo sedikit ndeso, karena emang baru pertama kali nyoba editor yang offline seperti ini.

  1. Konfigurasi awal software ini dengan blog yang akan kita kelola lumayan memakan waktu beberapa menit.  Ini tergantung pada kecepatan koneksi internet kita.  Konfigurasi ini dimulai dengan memasukkan url dari blog kita dan juga account sekaligus password untuk mengakses ke blog tersebut.  Selanjutnya aplikasi akan mendownload konten2 yang ada di blog kita.  Mulai dari themenya, setting-settingnya, gadget2nya ataupun juga tampilan secara keseluruhan.
  2. Bisa memanage lebih dari satu account blog. Jadi kita tidak perlu ribet membuka banyak tab pada browser untuk mengedit banyak blog kepunyaan kita.  Selain itu juga terdapat fitur membuat account blog baru langsung dengan menggunakan software ini.
  3. Untuk interfacenya, windows live writer 2011, mirip dengan microsoft office.  Jadi akan sangat mudah jika kita sudah terbiasa dengan office.
  4. Windows Live Writer 2011 sangat membantu, ketika kita akan melakukan upload gambar, video ataupun konten-konten lain.  Terdapat fitur crop, memiringkan gambar dan juga terdapat fitur picture effect yang bisa membuat tampilan gambar bervariatif.
  5. Preview dari blog kita dapat langsung dilihat karena pada bagian bawah interface utama software ini, terdapat 3 pilihan tampilan editor yaitu Edit (editing biasa), Preview (tampilan aslinya di blog) dan Source (edit HTML).
  6. Karena bersifat offline jadi posting dapat kita simpan di local draft tanpa perlu menguploadnya langsung ke blog kita.  Jadi ga perlu lagi pake acara ketik di notepad dulu baru dicopas ke editor blog kita.
  7. Menurut informasi yang saya dapat Windows Live Writer 2010 sudah kompatibel dengan CMS Weblog Windows Live Spaces, SharePoint Blog, Blogger, LiveJournal, TypePad, WordPress, Telligent community, JournalHome, MetaWeblog API, Movable Type API, Blogengine dan contoh2 lainnya.
  8. Overall software ini benar-benar membantu dalam mengelola postingan yang ada pada blog kita.  Tampilannya yang WYSIWYG membuat kita semakin mudah melihat hasil tampilan postingan ke blog kita.  Buat yang sering blooging pasti merasa terbantu dengan Windows Live Writter 2011 ini. Open-mouthed smile

Sedikit preview dari tampilan Windows Live Writter :

image

                      image

Wednesday, November 17, 2010

"berbicara" itu bukan tidak gampang

TA ato Tamu Agung a.k.a Tugas AKHIR selalu menjadi kendala buat lulus dari kampus tercinta saya ini.  Berpikir untuk 'lolos' dan bukan lulus dengan nilai maksimal kadang menjadi opsi terakhir karena udah terlalu terbebani dengan beratnya tekanan Tugas Akhir.  Salah satunya saya, masih dalam posisi "pra-seminar", kegalauan hati saya menunggu jadwal seminar membuat saya berpikir macam2.  Ketrima ga ya??, seminarnya bijimana??, gimana nguatin argumen saya di depan dosen penguji??, dan bla.. blaa... bla... Dooohh.. beratnya tekanan TA ini, membuat saya selalu berpikir negatif.   

Itung-itung refreshing, kemaren saya jalan2 ke CDC di kampus tercinta.  CDC itu kepanjangan dari Career And Development Center, sebuah tempat dewa buat alumni yang mau nyari kerja.  lha emang saya nyari kerja?? tentu saja tidak, cuma jalan2 aja, sapa tau nemu part time lagi kaya kemaren. hahaha...  Tak sengaja saya ambil sebuah brosur biru di dekat pintu masuk, brosur biru itu berjudul "SPEAK UP YOUR MIND".  Saya bacalah dikit2 itu brosur.  Eits... bagus ternyata.  Isinya lumayan dan penjelasannya sangat simpel. Ga berbelit-belit kaya buku motivasi yang sebelumnya saya baca..hahaha.. Nah sekedar sharing aja, isinya mau saya 'repost' diblog ini plus saya tambah2in buat yang versi 'prof.' Andre. wkwkwkwk...  Sapa tau bisa bantu dikit-dikit. :D 
Oke.. kita mulai 'repostnya' dari yang pertama:

1.  Mulailah berbicara di kelompok yang lebih kecil
berbicara memang ga gampang tapi harus kita mulai.  Mulailah sharing2 ama temen2 deket kita.  Ngumpul bareng2 terus kita ngobrol.  Di brosur ini ditulis "ikut kepanitiaan". Memang bagus sih, tapi buat kita yang udah angkatan atas, kepanitiaan udah terdengar basi, apalagi bagi kita terutama saya yang ga suka kepanitiaan, bakalan males kalo harus ikut-ikutan hal seperti ini.  Maklum, bukan jiwa seorang yang gampang disuruh2... wkwkwkwk... 
2.  Jadilah pendengar yang aktif
Nah pas kita ngumpul2 ama temen2 deket di atas, berusahalah menjadi pendengar yang baik.  Jangan hanya mau ngomong mulu, tapi usahakan buat fokus ama apa yang temen kita lagi bicarakan.  Jangan mata doang yang ngeliat tapi pikiran melayang kemana-mana, apalagi berfantasi yang tidak-tidak.. Upsss.. bukan saya lho.. :D
Kalo kata brosur ini, dengan kita menyimak dan tau materi yang disampaikan maka interaksi antara kita dengan lawan bicara kita akan lebih bagus, dan pertanyaan dari mulut kita akan mengalir begitu saja.  
3.  Berani bicara kapan dan dimana saja
Yang dapat saya ambil dari brosur ini, pokoknya muka tebal aja.  Baik itu di kuliah, organisasi, kelompok belajar ato tempat magang sekalipun.  Ada yang ngajak diskusi ladenin aja, walopun diejek ato diketawain, hajar terus blehh... 
4.  Perbanyak membaca
Ini nih yang penting.  Gimana caranya kita bisa ngomong kalo otak kita kosong??? 
5.  Latihlah kempampuan menulis
Kalo masi takut-takut mau nulis TA-nya gimana, nulis aja dulu di blog pribadi.  Contohlah saya... hahahahaha... Menurut saya nulis di blog itu nyantai.  Apa yang ada dipikiran kita, keluarin bae.  Ga usah malu-malu, yang penting jangan malu-maluin. wkwkwk...
6.  Jangan menyerah, perbanyak latihan
Masih inget lagu D'Nasib yang berjudul "jangan menyerah"??? Nah nyanyi lagu itu aja, kalo kita dapet kritik dari  dosen ato temen pas lagi diskusi. hahahaha... ga ding.. Intinya jangan menyerah aja ketika dapet kritikan, anggap itu sebagai cambuk kecil yang membuat kita untuk terus maju dan berusaha berlatih mengasah skill 'berbicara' kita.
7.  Sabar dan berkomitmen untuk terus berlatih
Ini juga penting banget.  Belajar buat komit ama latihan berbicara.  Jangan sekarang latihan, 2 hari kemudian lupa lagi, terus baru inget lagi pas udah 1 semester. hahahaha.. keburu lulus bung... :D
8.  Berpikir positif dan PD
Berpikir positif aja kalo kita belajar ngomong di depan umum. Jangan hanya dengan kritikan ato ejekan membuat mental kita down, apalagi mpe bunuh diri segala. hahahaha.. Berpikrilah bahwa kita ga sendirian berlajar "berbicara" ini.  Masih banyak temen2 di luar sana yang juga masih belajar "berbicara".  PD juga harus dipupuk sejak dini, mulailah narsis di facebook, twiter, blog, ato di tempat-tempat lain.  hahaha... Lumayanlah nambah PD dikit2.. :D

Nahh.. itu sedikit yang saya bisa bagikan.  Kata2 mutiara 'tidak ada kata terlambat untuk belajar', selalu saya pegang.  Jadi selamat belajar berbicara teman... saya berlajar di sini, anda belajar di sana.. :D

Sunday, October 3, 2010

Play Hard

Bulan baru, berarti duit gajian juga baru aja turun. hhmmmm...
Sung lah saya alokasikan ke bagian yang sangat membutuhkan.
Perkenalkan ini VGA baru saya..
XFX Radeon HD 4850 512 MB 256 bit...

Lumayanlah dibanding ama VGA lama saya yang hanya GeForce 7300 GS, itupun hanya 256 MB... duhh...
Walopun masi belum turun harganya tapi karena udah ngebet, yaudah hajarrrr bae..
oke cukup disini... biar gambar yang berbicara :
tampak atas
tampak belakang
Plus kardusnya
screenshot performansi

Puas rasanya bisa beli barang pake duit sendiri..

Thursday, September 23, 2010

CSS Tools and Generator

CSS atau Cascading Style Sheet merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam (Wikipedia).  Secara sederhana, CSS adalah suatu bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan website, baik itu tata letak jenis huruf, warna, background dan lain sebagainya.  Dengan kata lain CSS membuat sebuah kerangka dari suatu web dan juga berbagai pernak-pernik yang ada di suatu website.

Buat yang udah mahir menggunakan CSS mungkin melakukan coding bahasa ini akan terasa sangat mudah, tapi bagi yang masih sangat awam, CSS menjadi akan sulit dikodekan karena perlu imajinasi dalam membuatnya.  Nah... untuk mengatasinya, berbagai web telah menyediakan fasilitas pembuatan css secara instan.  Tinggal klik di sana-sini dan sim salabim code pun dapat kita download.  hohoho....

Berikut ini beberapa web yang merupakan sebuah css generator, yang menawarkan fungsionalitas pembuatan web secara mudah dan cepat.  Beberapa web saya klasifikasikan menjadi beberapa kategori yaitu  
Grid and Layout, CSS Menu Tools, CSS Buttons, CSS Rounded Corner, dan CSS Frames.

Grid and Layout Generator
Generator ini digunakan untuk membuat kotak-kotak atau mapping dari web yag akan kita buat. 
1. The 1 Kb CSS Grid
 tampilan web :
2. Variabel Grid System
 tampilan web : 

 tampilan web : 
Tampilan lebih segar dan enak digunakan.

 tampilan web : 

5. Gridinator
 tampilan web :


CSS Menu Tools
Generator ini digunakan untuk membuat tab menu.
1. 13 Styles : CSS Generator
 tampilan web :

2.  Pure CSS Menu
 tampilan web : 

 tampilan web : 

 tampilan web : 


CSS Buttons
Generator ini digunakan untuk membuat tombol-tombol.
 tampilan web : 

 tampilan web : 


CSS Rounded Corner
Sesuai namanya, generator ini digunakan untuk membuat sudut kotakan menjadi sebuah lengkungan.
 tampilan web : 

 tampilan web : 

 tampilan web : 


CSS Frames
Generator ini digunakan untuk membuat frame CSS. 
 tampilan web : 


Oke... semoga bermanfaat....

Regards
Foodgrade



Wednesday, September 22, 2010

deadline....

september udah mau abis, itu berarti deadline tugas saya makin dekat... arrgghhhh...$^@%^@$$%^@!&;&;!%#^... gebrakmeja
JUDUL TA (masih ga ngerti mau bikin apa tolong),
LAPORAN KP (revisi di sana sini),
TUGAS KULIAH (makin gencar bermunculan akhir-akhir ini )
KERJAAN WEB (perasaan dari kemaren bingung di tampilan terus)

semuanya numpuk di akhir bulan. Duhh beginilah nasib seorang Deadliner... cuma bisa pasrah dan berjuang sampai titik darah penghabisan... terharu

Wednesday, September 1, 2010

Gajian !!!

Bulan September saya diawali dengan kata "Gajian"..
Akhirnya gaji perdana saya muncul juga, hehehe... Setelah ditolak Lab sana-sinikartumerah (total 5 laboratorium yang menolak sayamati1), akhirnya saya menemukan pekerjaan yang bisa menghasilkan UANG..Sungguh berkat yang ruar biasa di penghujung bulan Agustus. Dan sekarang saya siap membuka bulan September dengan nyanyian kemerdekaan.... "Bangun Pemudi Pemuda... Indonesia... siul

Tuesday, August 31, 2010

review : the expendables

Setelah kemaren sempat bimbang mau nonton di bioskop atau nunggu donlotannya keluar, akhirnya hari ini saya dapet juga pilem ini. Seneng juga pertama liat udah ada donlotanya, apalagi kualitasnya bukan CAMRip lagi, tapi udah R5 yang menurut saya udah lumayan untuk mengobati kerinduan mau nonton pilm baru. hahahaha... 
Pilm yang berdurasi 1,5 jam ini telah sukses saya tonton sore ini. Walopun agak2 setengah ga enak badan, saya tetep maksa nonton ni pilm karena penasaran banget. Setelah menontonnya saya berkesimpulancool, dari sisi cerita pilm ini bisa dibilang terlalu datar, bahkan lebih terkesan biasa2 saja. Alur ceritanya, bisa sangat mudah di tebak, soalnya dari awal udah keliatan sapa yang jadi jagoan, terus sapa jadi musuhnya terus sapa yang jadi pengkhianatnya. Sisi minus di cerita sebenarnya dapat ditutupi dengan aksi laga para bintang-bintangnya yang luar biasa. Bung Stalone bisa dibilang menjadi magnet tersendiri pas di adegan laganya, di umurnya yang udah uzur di masih bisa adu jotos dengan Bung Steve Austin , yang terlihat lebih muda darinya. Suara tembakan dan ledakan menjadi daya tarik yang 'wow', bisa dibilang ini juga yang menutupi ceritanya yang terlalu datar. Kalau menurut saya pilm bertabur bintang ini masih belum seseru TheA-Team, yang juga menampilkan ledakan di mana-mana. So.. jadi menurut saya cukup 3 bintang aja dah dari 5 bintang yang saya miliki...mafia

Sunday, August 29, 2010

kok "sengkrang-sengkring"


duhhh... entah kenapa akhir-akhir ini kepala saya terasa nyeri "sengkrang-sengkring" ga karuan. Emang ga sakit tapi lumayan mengganggu. Kadang di sebelah kanan, kadang di kiri, kadang juga di bagian depan... Datangnya juga tiba-tiba.. sial...

Tumorkah??? semoga bukan.. Kankerkah??? semoga juga bukan.. Stresskah??? sepertinya juga bukan... Semoga ini hanya gejala ringan gara-gara kurang tidur..makanorangmakanorangmakanorangmakanorangmakanorang


Thursday, August 26, 2010

jL. Japati No. 1 Bandung

Itu di atas adalah alamat kantor saya bernaung saat ini. Kantor Telkom Japati yang berdiri megah di depan Gedung Sate Bandung ini adalah kantor Telkom pusat Indonesia. Sejak 23 Agustus lalu saya diterima kerja sebagai Tenaga Lepas Harian (TLH) atau bahasa kerennya Outsource.. Saya bersama 2 teman saya secara tidak sengaja dapet proyek aplikasi-nya Telkom. Perusahaan penyalur tenaga kerja yang saya kira tak ada namanya itu ternyata milik seorang mantan karyawan Telkom dan kantornya persis di depan Kantor Telkom Japati. wedannn... awwSebuah ketidak sengajaan yang tak terduga... hehehe...

Hari pertama masuk kerja, saya langsung sms orang tua, dan rasanya luar biasa. Pengen nangis tapi juga ketawa karena seneng dan bangga. Di malem harinya saya dapet sms juga dari bulik yang tinggal di Semarang (ternyata berita ini udah nyebar sampe ke penjuru Jawangayal), pas baca smsnya saya bener2 terharu, dismsnya dia bilang "wah selamat ya Ndre, udah bisa cari duit sendiri". Kata2 "bisa cari duit sendiri" itu bener2 bikin perasaan saya campur aduk.. jadimalu1

Yupss.. segitu ajalah ceritanya, pokoknya ini pengalaman baru saya, semoga dari proyek ini saya bisa belajar menjadi lebih dewasa lagi dalam bertindak dan bertanggung jawab. Ga hanya sekedar kuliah dan hambur2in duit orang tua, tapi juga bisa bikin bangga orang tua. Semangat temannnsss... mantabs



Thursday, July 29, 2010

on the high way to hell

bener2 minggu yang melelahkan, memuakkan, dan menguras dana dan pikiran.. arggghhhhh.. keplak
akhirnya saya puaskan dengan nyanyi lagu High Way To Hell-nya AC/DC sambil gebuk-gebuk bantal pake stik drum...hhhrgggghhh.. 
just feel the beat and sing it..

Living easy, living free
Season ticket on a one-way ride
Asking nothing, leave me be
Taking everything in my stride
Don't need reason, don't need rhyme
Ain't nothing I would rather do
Going down, party time
My friends are gonna be there too
  I'm on the highway to hell
No stop signs, speed limit
Nobody's gonna slow me down
Like a wheel, gonna spin it
Nobody's gonna mess me round
Hey Satan, payed my dues
Playing in a rocking band
Hey Momma, look at me
I'm on my way to the promised land
  I'm on the highway to hell
(Don't stop me)
And I'm going down, all the way down
  I'm on the highway to hell

Rock yeaahhhh... marah3

Wednesday, July 28, 2010

belajar illustrator

akhir-akhir ini entah mengapa saya sedang menikmati main2 dengan adobe illustrator. Entah gara-gara biar dibilang "anak IT cool" atau emang lagi kepengen belajar belajar.. Semoga saja belajar saya kali ini bertahan sampai 2 minggu ke depan..hehe..

nah..pas lagi nyari2 tutorial via mbah google (nyari yang gratisan, maklum mahasiswa),saya nemu beberapa situs yang nulis tutorial lumayan detail. Kira-kira ada 9 situs yang nawarin tutorial adobe illustrator seperti di atas. Situsnya memang bukan situs lokal, tapi menurut saya bahasa inggris yang dipakai ga begitu susah. Malah menjadi mudah kalo kita manfaatin google translate... Sok mangga diklik link dibawah ini, semoga bermanfaat buat yang lagi nyari-nyari tutorial illustrator mantabs :